Pilihan Kredit Mobil Lewat Bank Atau Leasing

Pilihan Kredit Mobil Lewat Bank Atau Leasing - Sebagai salah satu moda transportasi penting saat ini, mobil selalu menjadi idaman banyak orang. Bukan hanya karena lebih praktis, tetapi juga didukung oleh kondisi angkutan umum yang jauh dari kenyamanan membuat orang cenderung berpikir harus memiliki kendaraan sendiri. Hanya untuk memiliki mobil saat ini.

Setiap orang memiliki banyak cara dan pilihan. Jika tidak punya uang tunai untuk membeli langsung, masih ada cara kredit atau pembayaran dengan Kredit Mobil atau cicilan per bulan. Pembelian secara kredit memang menjadi pilihan banyak orang untuk memiliki mobil.

Pilihan Kredit Mobil Lewat Bank Atau Leasing

Persamaan Bank dan Leasing

Sebelum membahas perbedaan dan kelebihan dan kekurangan kredit melalui bank atau leasing, ada baiknya jika kita membahas persamaannya.  Ketentuan telah diatur oleh Bank Pusat sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Eksternal Nomor 14/10/DPNP yang mengatur minimal uang muka sebesar 30% untuk pembelian kendaraan bermotor roda empat non produktif.

Meski begitu, masih ada seluk beluk dari kedua lembaga pembiayaan kredit ini yang memiliki perbedaan dan kekurangan serta kelebihan yang bisa Anda jadikan sebagai panduan dalam mengambil Kredit mobil.

Kredit bank

Sudah banyak bank yang menawarkan produk kredit mobil, baik kredit mobil baru maupun kredit mobil bekas. Bagi Anda yang akan mengambil kredit di bank, maka Anda akan mendapatkan bunga yang lebih rendah dibandingkan saat Anda mengambil sewa. Hal ini tentunya akan sangat cocok bagi Anda yang menginginkan kredit mobil DP murah dan ringan.

Seperti apa Pilihan Kredit Mobil Lewat Bank Atau Leasing?

Apalagi jika Anda memiliki uang tambahan, Anda bisa melunasi sebagian pokok utang dalam waktu tertentu. Cara ini akan mengurangi beban cicilan setiap bulannya. Sedangkan kekurangan kredit melalui bank ini adalah prosesnya yang lama dan rumit dibandingkan jika Anda mengajukan leasing.

Pinjaman Mobil Melalui Leasing

Opsi kedua adalah mengajukan kredit melalui leasing. Cara ini pun memiliki pro dan kontra tersendiri. Mengajukan kredit melalui sewa ini akan membuat kredit lebih cepat dan mudah. Bahkan, tidak jarang Anda sebagai debitur atau calon nasabahnya diperlakukan dengan spesialisasi. Proses leasing yang mudah dan cepat ini disebabkan oleh adanya staff leasing.

Hal yang akan membantu Anda dalam keseluruhan proses. Anda hanya akan mendapatkan dari mempersiapkan dokumen lengkap hingga fasilitas penjemputan ke rumah Anda dari sewa ini. Hanya dari sini kita tidak perlu lagi bolak-balik ke dealer untuk mengurus semua persyaratan. Karena semuanya akan dilakukan oleh petugas leasing yang pastinya sudah siap untuk melayani.

Meski semua proses bisa berlangsung sangat cepat dan mudah, pengajuan kredit di leasing membuat Anda harus membayar bunga yang lebih tinggi dari bank. Biaya lain yang juga harus Anda tanggung saat mengambil kredit pada sewa guna usaha adalah biaya fidusia, biaya asuransi dan juga biaya provisi.

Hanya dengan asuransi perusahaan asuransi akan mengganti nilai mobil yang hilang atau rusak kepada pihak leasing terlebih dahulu, kemudian kepada konsumen jika masih ada sisa nilai.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hanya dengan adanya informasi tersebut diharapkan Anda dapat lebih bijak dalam menentukan pengajuan Kredit Mobil Anda. Hal yang terpenting jangan sampai membeli mobil dengan harga di luar batas finansial. Belilah mobil sesuai dengan kebutuhan pribadi dan kondisi keuangan Anda.