5 Makanan Khas Sunda dari Jenis Nasi yang Enak dan Lezat


Tidak hanya berupa camilan atau makanan ringan, makanan khas Sunda juga tersedia makanan berat yaitu beragam jenis nasi. Anda bisa menjadikannya menu makan siang ataupun malam selama berada di Jawa Barat atau tanah Sunda. Berikut pilihan jenis nasi yang enak dan lezat untuk dicoba.

5 Makanan Khas Sunda dari Jenis Nasi yang Enak dan Lezat

1.      Nasi Timbel
Buat yang bukan berdarah Jawa tentu tidak pernah mendengar nasi timbel, apa lagi jika belum pernah ke Pulau Jawa. Nasi timbel adalah makanan khas Sunda dengan rasa yang unik. Nasi ini tersedia dengan berbagai variasi sampai Anda kebingungan ingin mencoba yang mana.

Penyajian nasi timbel dengan menggunakan daun pisang, namun kini sudah ada yang menyajikannya langsung ke piring. Jenis nasinya adalah pulen yang dimakan dengan berbagai jenis lauk yaitu ikan asin, ampela, tawes, japuh, pepes ikan, dan juga tersedia ayam goreng.

2.      Nasi Tutug Oncom
Jenis nasi masakan dari Sunda yang juga lezat adalah nasi tutug oncom atau bagi orang Sunda sering menyebutnya dengan Sangu Tutug Oncom. Nasi ini sajiannya sudah diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar.

Anda akan semakin menikmatinya jika disajikan dalam keadaan hangat. Oncom yang diaduk dengan nasi terlebih dahulu ditumbuk. Anda juga bisa memakannya bersama dengan berbagai jenis lauk yang tersedia di warung nasi Sunda tersebut.

3.      Nasi Liwet
Saat Anda kuliner masakan Sunda jangan lupakan untuk mencoba nasi liwet. Nasi ini juga tersedia di Solo. Hanya saja berbeda dengan masakan Sunda. Di mana nasi liwet dari Sunda memiliki rasa yang gurih. Proses masaknya tidak menggunakan santan tetapi menggunakan bumbu-bumbu rempah.

Bumbu yang digunakan yaitu serai, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, jambal roti, daun kemangi dan daun salam. Nasi liwet dari Sunda dimakan dengan ikan asin dan sayur asem. Beberapa tempat menyajikannya dengan ikan bakar, tahu, dan tempe goreng.

4.      Nasi Cikur
Jenis nasi berikutnya adalah nasi cikur yang dibuat dengan menggunakan bumbu kencur muda. Kencur dengan umbi yang masih putih sehingga membuat rasa nasi cikur menjadi lebih renyah. Ada aroma harum pada nasi yang akan Anda hirup saat memakannya. Anda bisa mendapatkan nasi cikur di warung kaki lima atau pun restoran yang ada di Bandung.

5.      Nasi Jamblang
Selanjutnya nasi khas Sunda yang jangan sampai dilewatkan adalah nasi Jamblang. Nasi ini memiliki ciri khas dibungkus dengan daun jati. Penyajiannya secara prasmanan yang bisa membuat Anda bebas mengambil seberapa banyak pun. Ada aneka lauk-pauk dari masakan Sunda yang membuat nasi menjadi semakin lezat.

Meskipun ini hanya jenis nasi namun rasanya akan berbeda dengan nasi pada umumnya. Makanan khas Sunda selalu identik dengan ciri khas tertentu seperti aroma dan sajiannya. Anda bisa mencoba berbagai jenis makanan sesuai dengan selera dan jangan sampai pulang dari tanah Sunda tanpa mencobanya.